Scale RC Adventure, Apa itu?

with scale 2Banyak dari kita yang sering bertanya, apa yang dimaksud dengan RC scale? penilaian dalam kompetisi apa saja? Scale atau skala yang dimaksud disini adalah 1:10 (kurang lebih), maksudnya mainan ini sepersepuluh dari yang aslinya.. tentu harganya jauh lebih bersahabat dibanding anda bermain dengan kendaraan aslinya, jika tidak percaya cari di forum jual beli, berapa harga Wrangler Rubicon second, gak usah yang baru keluar pabrik.

berikut saya coba translate dari source asli untuk kita semua. Ini masih translate-an kali pertama dan pasti perlahan akan ada yang selanjutnya.. semoga berkenan membaca.

 

Scale model atau model skala adalah versi kecil dari sesuatu yang nyata. Dalam konteks kali ini, versi kecil dari kendaraan off-road. Sepertinya simple, tapi realitanya konsep “sesuai skala” sangat ambigu dan terbuka untuk interpretasi yang berbeda.

Saat kali pertama RC Rock Crawling mulai dikenal, kelas kompetisinya -pun sesuai skala. Kelas Super terlihat seperti truk asli, tapi diperlukan lisensi tersendiri dengan proporsinya. Apapun yang ada saat itu menyerupai kendaraan rock crawler yang asli. Seiring semua membangun kendaraannya agar mendapat keuntungan secara kompetitif, kendaraan tersebut semakin jauh berbeda bila dibandingkan dengan kendaraan 1:1.

01

Scale rock crawling terus berkembang. Dengan cepat scalers (mereka yang mengarah pada skala) mendominasi segmen yang ada. Sebagian beralih ke scalers karena alasan utama mereka tertarik di segmen rock crawling karena realistik skalanya, banyak juga yang keluar (tidak tahan) disebabkan semakin rumitnya kompetisi. Walau kompetisi crawling bukanlah sesuatu yang sudah lewat, RC rock crawling sekarang adalah scale rock crawling. Yang saya maksud, segmen terbesar adalah para scaler. Sebagian besar yang memiliki scale rock crawler tidak mengikuti kompetisi karena mereka memang tidak tertarik atau tidak ada event kompetisi di area tersebut. Jadi, bagi sebagian besar, scale atau tidak, bukan masalah. Bagi yang senang berkompetisi, apa yang dianggap scale semakin tidak mudah.

Kali pertama kompetisi scale tidak memiliki aturan selain penalti seperti reverse, gates, rollover/touches, dan lain-lain. Jika anda memiliki kendaraan scaler, tinggal datang, jalani track yang ada dan meneriaki pemain lainnya. Kendaraan yang ada tidak lebih dari body ber-bemper diatas ladder frame, dan yang lain memiliki mahakarya scale. Dengan banyaknya variasi, akhirnya dibutuhkan aturan tertulis. Aturan tidak tertulis seperti tidak diperbolehkannya chassis Twin Vertical Plate (TVP) dan ban kompetisi menjadi peraturan tertulis pertama. Berikutnya, perturan yang menghargai skala realisme. Itulah yang menjadi berlebihan dengan memberi poin terhadap semua aksesoris scale. Walau tangga ataupun pot tanaman (dan semacamnya) terlihat realistis bagi beberapa tipe truk, hal tersebut tidak akan pernah ditemukan pada truk 1:1 yang berkompetisi melewati gate course. Pada kenyataannya sangat jarang sekali ditemukan benda-benda kecil pada kendaraan off-road 1:` yang digunakan dalam kompetisi. Hi-lift jack? Ya. Kapak yang hanya ditaruh di bak belakang? Tidak akan mungkin diperbolehkan.

02

Pada akhirnya peraturan kembali ke skala dan poin maksimal yang diberikan untuk berbagai aksesoris telah dikurangi (secara universal). Beda klub, beda pula teraturan yang diterapkan, tetapi dari berbagai klub yang pernah saya lihat poin untuk barang-barang kecil juga membatasi poin maksimal yang bisa anda dapatkan. Perdebatan akan terus ada. Debat tentang benda/barang apa yang bisa mengumpulkan poin dan benda apa yang tidak dihitung terus berlanjut, karena peraturan tidak selalu dapat menawarkan deskripsi jelas untuk setiap skenario, bahkan jika ada deskripsi tersebut, subyektivitas mengiringi. Opini ada dimana-mana dan peraturan diinterpretasikan secara berbeda oleh masing-masing individu. Kompetisi adalah, jelas, kompetisi dan orang akan selalu mengejar poin/angka. Ini tidak seburuk sebelum-sebelumnya, tapi sebagian besar kompetitor akan memastikan rig/kendaraan mereka mendapatkan nilai maksimal. Ini mengarah pada kendaraan yang dipasangi aksesoris (sedikit) berlebihan dan juga ke perdebatan apakah aksesoris yang terpasang masuk akal atau tidak. Tidak perlu seorang jenius untuk dapat menyadari, “diskusi” bagi seseorang adalah “penghilang kesenangan/minat (fun)” bagi orang lain. Ketika sudah tidak menyenangkan lagi, orang akan move on.

Poin scale tertentu masuk akal. Contohnya, menurut opini saya, adalah: hard plastic body, chassis-mounted servo, winch yang dapat digunakan, lampu, figure driver, interior. Item ini tentunya menambah tingkat realisme dengan mengorbankan kinerja rig/kendaraan (menambah berat bukan sesuatu yang ideal). Peraturan ini, juga peraturan yang melarang chassis Twin Vertical Plate, Motor on Axle (MOA) serta ban kompetisi, menjadikannya kompetisi scale. Peraturan lainnya juga ada untuk menegakkan penghargaan terhadap realisme skala 1:10. Lagi-lagi, permasalahannya hampir selalu mengarah pada aksesoris skala itu sendiri.

03Sebenarnya sangat dimengerti bagaimana orang-orang sampai pada kesimpulan bahwa peraturan yang ada perlu untuk diperbaiki atau ditingkatkan, solusinya bukanlah buku aturan yang sangat kompleks. Walau hal tersebut dapat menyediakan perbaikan sementara, tidak akan meberikan solusi jangka panjang. Anda dapat menambahkan aturan, tetapi bertambahnya aturan hanya akan mendorong orang untuk menemukan konsep baru atau mencari cara secara “kreatif” dengan aturan. Pada saat bersamaan, banyak yang bermigrasi dari kompetisi crawling ke scale crawling untuk pengalaman yang lebih santai. Banyaknya aturan bukanlah sebuah ide yang menyenangkan. Dan, kalau sudah tidak menyenangkan, orang –seperti yang sudah anda kira- akan berpaling (move on).

 

 

04Solusinya yang pertama dan terpenting, kurangi poin skala maksimal yang diberikan. Ini akan memperbaiki kompetisi yang sudah ada, dan pasti berhasil. Dengan poin sedikit, akan lebih sedikit pula perselisihan/perdebatan. Bonus tambahannya, dengan jumlah aksesoris yang sedikit, kendaraan akan lebih representatif bagai ukuran sebenarnya. Kedua adalah menawarkan penghargaan best-in-show pada event-event skala regional atau nasional. Banyak kompetisi berskala besar telah melakukan hal tersebut dan menjadi jalan terbaik untuk mengenali mereka yang memiliki mahakarya scale. Tiap kelas kompetisi, sediakan penghargaan best-in-show dan buat secara terbuka bagi rig yang mengikuti kompetisi serta di voting oleh perserta. Jadikan scale menyenangkan (fun) lagi. Jadikan sebuah kehormatan untuk memenangkan penghargaan best-in-show, tapi tetapkan aturan yang ada agar tidak diluar kendali.

Scale rock crawling saat ini sangat populer dan saya ingin melihatnya terus berkembang. Saya juga ingin melihat sisi kompetisinya tumbuh. Tapi bagaimanapun, saya tidak berharap/ingin peraturan menjadi tidak terkendali dan membuat orang-orang menjauh. Buat jadi sederhana, buat hal tersebut menyenangkan dan mereka pasti akan selalu kembali (keep it simple, keep it fun and people will keep coming back).

05

06

ditulis oleh Matt Higgins – 15 May 2013

sumber : SINI

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Komentar Tambahan :

Saya senang ide mengenai poin yang diijinkan bagi tiap kelas kompetisi, tapi total poin yang diperoleh bisa di set se-rendah mungkin. Mereka kita perbolehkan menambah benda sebanyak yang mereka mau, tapi dilakukan karena mereka menginginkannya, bukan karena akan mendapat poin terbanyak.

Karena semakin scale rig anda makan akan semakin berkurang kemampuannya, karenanya alasan dibalik pemberian poin realisme skala adalah untuk mengimbangi/menebus kurangnya/kerugian performa akibat mengejar scale.

07Seperti anda, saya senang memberi penghargaan atas parts scale yang memiliki fungsi seperti chassis mounted servo, transfer case, pintu serta kap mesin yang dapat dibuka-tutup, yang kita pahami mengurangi performa karena menambah realismenya. Saya tidak melihat item-item tersebut sebagai aksesoris, sangat disayangkan items tersebut sering menjadi perdebatan, tapi peraturan tambahan sebenarnya tidak diperlukan untuk menjelaskan bahwa poin per daun diberikan hanya jika sebagai bagian dari suspensi (dan berfungsi), bukan sebagai aksesoris belaka. Saya pribadi tidak akan mau berdebat untuk hal ini. Tujuan sebuah aturan seperti pemberian nilai untuk transfer case sudah sangat jelas. Aturan ditegakkan berdasar bagaimana sang wasit menginterpretasikan peraturan bukan dari bagaimana partisipan memanipulasi kata-kata. Tiap klub akan menterjemahkan sebagaian peraturan secara berbeda dan tidak ada masalah. Jauh lebih penting untuk bisa konsisten daripada menyamakan diri dengan seluruh klub. Aturan yang membingungkan atau yang lebih tepatnya terbuka kepada interpretasi adalah di aksesoris scale. Contohnya, apakah plat nomor stiker sama dengan plat nomor yang terbuat dari platik atu besi? Sebagian berpendapat masuk akal. Bagaimana dengan wiper yang terbuat dari plastik dengan wiper stiker? Mayoritas klub tidak akan memberi poin untuk stiker, tetapi anda bisa membayangkan argumen apa saja yang akan keluar saat plat nomer stiker menjadi legal dan wiper stiker tidak. Maksud saya adalah menghilangkan atau meminimalkan poin yang terlalu banyak hanya untuk aksesoris.

with scale